Mulailah Gaya Hidup Hijau Sekarang Juga!

Menjalani gaya hidup hijau (green lifestyle) tak sesulit yang dibayangkan. Anda pun tak perlu mengorbankan kenyamanan hidup yang Anda miliki. Namun butuh memang butuh tekad untuk melakukan gaya hidup ini dengan konsisten.

Pada awalnya mungkin anda Anda akan sedikit kesulitan menyesuaikan dengan rutinitas baru, namun pada akhirnya Anda akan terbiasa. Dengan usaha dan kreatifitas, Anda bisa meminimalkan dampak negatif yang Anda tinggalkan di Bumi ini. Ayo, mulailah gaya hidup hijau nan hemat ini…

green-lifestyle

Apa yang bisa dilakukan?

  1. Kurangi penggunaan kertas serta ganti berbagai jenis tisu dengan sapu tangan, serbet kain, dan lap kain. Bagitu juga dengan popok kertas, sebaiknya pilih popok kain yang bisa digunakan berlulang kali. Biasakan juga memanfaatkan kertas bolak-balik untuk menulis atau mencetak dokumen.
  2. Membawa sendiri tas belanja. Sediakan beberapa kantong belanja dari kain di rumah, juga di mobil dan di kantor. Anda tidak perlu menggunakan kantong plastik yang sering berakhir menjadi sampah.
  3. Kurangi polusi. Paling tidak seminggu dua kali, simpan kendaraan dan beralih ke transportasi pubil atau naik sepeda. Jika tidak memungkinkan, gunakan sistem nebeng (car pooling), sehingga satu mobil bisa memuat banyak orang.
  4. Membawa kemasan sendiri saat membeli makanan dan minuman untuk dibawa pulang. Jika membeli kopi di kafe, gunakan tumbler karena gelas kertas dan plastik kemasan kopi ternyata banyak yang tidak bisa didaur ulang. Begitu juga kemasan makanan dari styrofoam dan plastik yang akhirnya hanya menjadi sampah.
  5. Minimalkan penggunakan listrik. Sempatkan beberapa kali sehari untuk mengecek penggunaan listrik di seluruh rumah agar tak ada yang sia-sia atau terlupakan. Ganti pula lampu di rumah Anda dengan yang hemat energi. Hint: lampu led. Cabut charger hp atau adaptor-adaptor yang tidak terpakai.
  6. Menampung air hujan (rain water harvesting). Gunakan air hujan untuk menyiram tanaman, mencuci kendaraan, dan menyiram toilet.

Manfaat Gaya Hidup Hijau

  • Menghemat pengeluaran. Dengan menghemat pengeluaran energi dan sumber daya, seperti bensin, air bersih dan listrik, biaya yang dikeluarkan pun berkurang. Prinsip daur ulang pun bisa menghemat pengeluaran karena pemakaian yang berulang-ulang.
  • Hidup lebih sehat. Dengan mengurangi pemakaian kendaraan bermotor, maka polusi berkurang dan udara menjadi lebih bersih.
  • Masa depan lebih baik. Jika bumi rusak dan sumber dayanya habis, maka di masa depan bumi tidak lagi layak dihuni manusia. Hindari ini dengan menerapkan gaya hidup hijau yang konsisten dan berkelanjutan harus dimulai dari sekarang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: