Info Lengkap dan Pengobatan untuk Radang Tenggorokan atau Amandel (+ Obat antibiotik)

Happy New Year 2014 Everyone!

Ini adalah tulisan pertama saya di tahun 2014.

Pada saat tulisan ini ditulis, saya baru saja berobat ke dokter THT di Surabaya. hehehe..
Biar tidak lupa dengan nasehat baru dari dokter sambil meng-ingat-ingat pengalaman dulu saat sakit radang tenggorokan makanya saya menulis artikel ini.

amandelDalam setahun terakhir ini kurang lebih saya kena sakit radang tenggorokan sebanyak 3-4x, salah satunya pernah saya tulis dalam artikel tentang obat radang tenggorokan. Rasanya sakit sekali buat menelan ludah, apalagi makan, pekerjaan juga sangat terganggu. Capek rasanya, berat badan turun, minum anti biotik, dan habis-habisin duit!

Dalam perjalanan setahun kemarin saya juga bertemu dengan berbagai dokter spesialis THT, ada yang di Jakarta, Bali, dan Surabaya. Semuanya merupakan dokter yang bagus dan berpengalaman…

Yang perlu diperhatikan jika anda divonis menderita amandel adalah ini: Amandel tidak harus selalu dioperasi / diangkat! Saat ini banyak dokter yang dengan entengnya memberikan vonis operasi pengangkatang amandel, entah karena mengambil keuntungan semata atau menakut-nakuti pasien, atau apalah. Hati-hati dengan keputusan tersebut. Konsultasikan dulu ke dokter yang lain. Operasi pengangkatan amandel justru akan menimbulkan masalah kesehatan lain karena amandel mempunyai fungsi penting untuk pertahanan tubuh memerangi kuman dan bakteri.

Melalui artikel ini saya ingin berbagi tentang kombinasi obat-obatan untuk radang tenggorokan dan amandel sekaligus sebagai catatan pribadi saya sendiri.

Penyebab Sakit Radang Tenggorokan / Amandel

Virus atau Bakteri? Sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh virus atau bakteri. Penyebab paling umum dari sakit tenggorokan adalah bakteri. Bakteri yang berperan adalah infeksi bakteri streptococcus (baca: WikipediaMedicastore) yang jika dibiarkan bisa berakibar buruk! Bakteri ini juga menyerang ginjal, jantung, sendi lutut (rematik). Jadi jangan dipandang sebelah mata. Jika sudah ada gejala, segera istirahat yang cukup dan berobat!

Jika dikarenakan oleh virus, biasanya disertai dengan batuk pilek kemudian menyerang tenggorokan.

Sakit tenggorokan ini diakibatkan karena kondisi tubuh yang tidak fit, terutama gabungan dari kondisi kurang tidur, stress, makan makanan pedas, goreng-gorengan, serta jenis es krim yang dapat membuat tenggorokan lengket.

Ciri radang tenggorokan:

1. Coba tekan daerah leher dekat jakun, kanan dan kiri. Jika sakit sekali berarti sudah bengkak, meradang.
2. Lihat di cermin amandelnya, gunakan lampu senter biar jelas. Jika merah berarti gejala meradang, apalagi kalau sudah ada bintik-bintik putih. Segeralah ke dokter.
3. Buat menelan ludah sakit.
4. Badan demam. Berarti sudah terjadi infeksi.

Kombinasi Obat

Penting!! Untuk ibu hamil harap berkonsultasi ke dokter!

Kombinasi obat-obatan 1
Amoxicilin 500 mg 3×1 (diminum minimal 3 hari)
Parasetamol 500 mg

Kombinasi obat-obatan 2
Cefadroxil 500 mg 3×1
Parasetamol 500 mg

Kombinasi obat-obatan 3 (amandel, bintik putih / nanah)
Levofloxacin 500 mg 1×1
Methylprednisolone 8 mg 2X1 (anti inflamasi / bengkak)

Kombinasi obat-obatan 4 (amandel, bintik putih / nanah)
Ini adalah resep yang saya dapat dari Dr. Haryono Kusuma. Beliau bilang, tenggorokan saya sudah lumayan parah, banyak bintik-bintik putih, memang buat menelan sangat sakit. Saya cocok sekali dengan kombinasi obat ini, dua kali minum sudah terasa enakan.
1. Cefuroxime 500 mg (Anbacim) 2×1
2. Methampyrone 500 mg + Diezepam 2 mg (Analsik) 3×1
3. Obat alergi racikan untuk demam dan pusing. Kandungan: Intrizin 1/2 tab, Coffein 25 mg, Indexon 1/6 tab, Sanmag 1/2 tab

Tambahan:
Terkadang radang tenggorokan bisa disertai dengan tenggorokan gatal sekali karena sudah mau sembuh dan menyebabkan batuk-batuk. Anti alergi: Aerius; Desloratadine 5 mg 1×1 diminum malam hari.

Obat kumur (bila perlu), untuk menjaga kesehatan rongga mulut. Tantum Verde – Benzydamine HCi 2×1

Jika menjelang sakit tenggorokan, biasanya tenggorokan sudah berasa tidak enak, gatal-gatal. FG Troches 4-5×1 atau permen Strepsils.

Penyembuhan Alami / Herbal

1. Madu + Lemon
2. Kumur air garam
3. Pijat refleksi bagian untuk titik radang tengorokan / amandel
4. Banyak istirahat
5. Obat cina Hao Feng Xan
6. Bawang putih (antibiotik alami)
*Nanti akan diuraikan lebih lanjut…
*Note: Jika radang atau amandel sudah lumayan menyakitkan / parah, pengobatan alami seperti ini bagi saya tidak bisa membantu. Sebaiknya langsung menggunakan antibiotik dari dokter daripada bakteri terus berkembang.

Pantangan Makanan & Minuman

Jangan makan makanan pedas, minyak-gorengan, kacang, coklat, aneka es (minuman es, es krim). Minuman dingin dapat membuat tenggorokan lengket. Buah yang tidak boleh dimakan adalah nanas, karena dapat membuat tenggorokan gatal.

Tips & Info Kesehatan Seputar Sakit Tenggorokan

Seperti kalimat yang saya tulis di atas, bakteri yang menyebabkan sakit tenggorokan dapat mengakibatkan penyakit yang fatal. Jaga kesehatan tubuh dengan memperhatikan jam kecukupan tidur. Jika dalam keadaan lelah, stress tinggi atau kurang tidur, kita harus menjaga makan jangan makan makanan yang dapat membuat tenggorokan tambah parah, baca pantangannya di atas kemudian tambahkan dengan minum vit C atau multivitamin lain, perbanyak makan buah dan sayuran.

Kalau sudah terkena infeksi, makanlah makanan yang lunak dan perbanyak buah-buahan seperti bubur, pisang, apel, pepaya, dsb dan perbanyak istirahat. Disiplin dan tahan diri untuk tidak makan gorengan dan makanan pedas.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi banyak orang. Silahkan bagikan artikel ini, Anda dapat mencantumkan sumber atau link balik ke artikel ini… atau share lewat facebook, twitter, dsb.

Thanks! -yk

Update 15 February 2015:
Saya sempat sakit tenggorokan lagi gara-gara kecapekan plus makan bebek goreng plus sambel,hehe..
Setelah makan bebek itu, malamnya tenggorokan sudah berasa kurang enak, meskipun minum air hangat masih sakit juga. Ditambhan dengan my baby juga kena flu, jadi kebangun terus malamnya sampai subuh. Paginya badan mulai demam, siang demamnya nambah dikit. Dipikir daripada malamnya tambah demam lagi dan malah ga bisa urus anak. Langsung ke dokter THT deh.

Resepnya hampir sama (antibiotiknya sama):

Cerini 1/2 tab
coffein 25 mg
indexon 1/6 tab
forasma 1/6 tab
sanmag 1/2 tab
codein 10mg
minum 3x sehari

anbacim 500mg
minum 2x sehari.

Resep obat untuk menyusui:
Kebetulan waktu setelah melahirkan istri saya kena radang tenggorokan plus flu juga. Dokter memberi obat ini:
trifed 1/2 tab
coffein 25 mg
sanexon 1/6 tab
sanmag 1/2 tab
forasma 1/6 tab
asvex 1 tab
minum 3x sehari

afrin nasal spray (untuk hidung buntu)
secukupnya

anbacim 250 mg
minum 3x sehari.

Disclaimer: Saya bukan dokter dan tidak menjamin kesembuhan serta efek samping yang ditimbulkan. Selalu konsultasikan dengan dokter Anda untuk segala informasi diatas. Tulisan ini dibuat sebagai informasi yang dapat membuka wawasan dan sebagai catatan pribadi penulis.

6 responses

  1. Tulisan anda sangat bermanfaat untuk saya. Terima kasih banyak

    1. Sama-sama bu. Senangnya bisa berbagi.

  2. Tulisan anda,sebelumnya orang apotek merekomendasikan saya mnm prolon 8 untuk radang tenggorokan,cuma saya ragu krn bukan resep dokter,tks

    1. Sebaiknya anda konsul ke dokter dulu. Saya googling sekilas, prolon 8 penggunaannya bukan untuk radang tenggorokan.
      Untuk antibiotik, saya biasa minum Anbacim 500mg (sesuai resep dokter). Thanks

  3. Mas Yoky, tulisannya bermanfaat banget.

    Sebelum tenggorokan saya sakit, beberapa hari sebelumnya saya mengalami pilek mendadak, kemudian sembuh. Dan pada malam tahun baru, saya sudah merasakan badan saya mulai lemah, dan saya akhirnya tidur jam 2 pagi dalam keadaan capek (acara tahun baruan saya tidak clubbing, cuma nongkrong dan ngobrol sambil menikmati fireworks). Oya saya bukan perokok dan tidak pernah merokok dan juga tidak pernah minum minuman beralkohol. Sesaat saya bangun sekitar jam 10 pada 1 jan, saya sudah merasakan tenggorokan saya sakit ketika menelan dan saya dalam kondisi lemah (mungkin kurang tidur).

    Yang ingin saya tanyakan, apakah waktu mas Yoky terkena radang tenggorokan, disertai juga dengan pembengkakan pada bagian leher kiri dan kanan?

    Tenggorokan saya (tonsil atau amandel) mengalami pembengkakan sejak tanggal 1 jan lalu. Dan memang saat itu saya merasa ada sedikit pembengkakan pada bagian leher. Saya khawatir ini bagian dari kanker tonsil. Kondisi ini sudah berlangsung 4 hari dari tanggal 1 hingga saat ini 4 Jan. Saat ini kondisi badan saya sudah kembali bugar, tapi tenggorokan saya tidak mengalami perubahan yang baik mas.

    Bisa kiranya share pengalaman atau bahkan pendapat atau saran, mas Yoky.

    Terimakasih ;)))

    1. Halo pak, maaf sekali baru sempat reply.

      Sebelum saya jawab, saya ingin bertanya dulu. Kenapa bpk curiga adanya kanker tonsil? apakah pernah ada riwayat sebelumnya? Apakah sudah ke dokter atau ada obat yang sudah diminum?

      Ya, waktu saya terkena radang, memang leher kiri kanan sedikit bengkak, kalau ditekan terasa sakit (akan terasa jika radang sudah cukup parah, banyak bintik putih). Kalau dilihat dari ceritanya, sepertinya daya tahan tubuh sedang menurun dan bpk “belum sembuh” benar, ditambah dengan kurang tidur. Istirahat yang cukup sangat penting pak jika terkena radang, makan juga harus dijaga.

      Saran saya, bpk segera ke dokter dan minum antibiotik yang tepat, karena kalau dibiarkan berlanjut akan semakin parah dan bisa jadi amandelnya diangkat.

Leave a Reply

