Visi Bisnis Online Indonesia 2-3 Tahun Kedepan

Source: Imfreedom.net / Bisnis Online Indonesia di Tengah Serbuan Asing

Bisnis online di Indonesia akan semakin berkembang dengan pesat! Anda tidak yakin? Menkeminfo telah mengungkapkan bahwa pada tahun 2015-2016 akan ada sekitar 100 juta pengguna internet di Indonesia. Bisnis online di Indonesia akan menggeliat dan menjadi semakin unjuk gigi. Inilah kesempatan bagi para Pengusaha UKM untuk bisa bersaing dengan Pengusaha bertaraf internasional.

Jika Anda perhatikan detik.com atau kompas.com – dua portal berita utama di Indonesia, Anda akan dengan mudah menemukan Perusahaan-perusahaan asing raksasa beriklan disini. Perusahaan raksasa seperti Agoda, Namecheap, Get Response, Microsoft, Apple berlomba-lomba beriklan di Indonesia. Mereka “jarang salah” dalam hal ini. Biasanya yang terjadi adalah para pemain lokal hanya menjadi pengekor dan telat menyadari betapa besarnya bisnis via online di Indonesia.

100 juta pengguna internet adalah jumlah yang sangat..sangat besar. Ini adalah 5 kali penduduk seluruh negara Malaysia (ini juga kalau mereka seluruhnya menggunakan internet). Siapa yang tidak tertarik dengan market sebesar ini?

Bagi Anda yang masih meragukan bisnis online di Indonesia, sudah saatnya membuka mata. Jika Anda tidak bersiap-siap dan mulai meng “online” kan bisnis Anda, kompetitor Anda akan melakukannya. Jika ini terjadi, akan menjadi lebih sulit bagi Anda mengejar ketinggalannya.

Apapun yang Anda tawarkan, baik jasa maupun produk fisik atau bahkan digital, market Indonesia terlalu besar untuk diabaikan. Bisnis online di Indonesia akan jalan dengan atau tanpa Anda. Ini sebabnya Perusahaan besar seperti Gramedia sudah bersiap siap dengan Gramedia Online. Alasan yang sama juga membuat surat kabar terbesar di Indonesia membuat Kompas.com. Ini adalah suatu langkah cerdas untuk mengantisipasi perkembangan bisnis online di Indonesia. Di Eropa dan Amerika banyak sekali surat kabar yang sudah berumur ratusan tahun harus tutup dan bangkrut karena tidak bisa bersaing lagi dengan kenaikan upah dan sewa kantor.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: