Cara dan Persyaratan Mengurus Visa China

Karena saya memutuskan untuk melakukan foto pre-wedding di Shanghai, China, maka mau tidak mau saya harus mengurus visa untuk kesana. Saya mengurus secara dadakan dengan bantuan Tour & Travel. Berikut saya berikan info tentang syarat dan dokumen-dokumen yang harus disiapkan untuk mendapatkan visa China. Baca point 1 – 5, dijamin lancar dan di-approve untuk apply visanya : ) Note: visa China adalah salah satu yang paling mudah didapatkan.

1. Lama proses
Lama Proses Biasa 4-5 hari kerja.
Lama Proses Kilat 2-3 hari kerja (bahkan bisa 1 hari kerja jika Anda mau, dengan tambahan biaya tentunya).

2. Paspor
Paspor yang masih berlaku min. 6 bulan (Paspor lama tidak perlu dilampirkan)

3. Pas Photo
Foto 4 x 6 berwarna dan terbaru, background putih. Foto cukup 2 lembar saja, tetapi perlu disiapkan beberapa untuk cadangan.

Foto utk Kedutaan RRC harus :

  • Latar belakang harus PUTIH & terbaru!
  • Ukuran 4 x 6 cm = 2 lbr.
  • Dicetak di atas kertas foto yang bagus
  • Tidak boleh foto computer / foto dari HP ( harus di tempat foto /studio foto )
  • Foto tidak boleh miring / posisi tegak lurus menghadap ke depan

Kalau tidak mau ribet, langsung saja ke FUJI Image plaza utk lakukan buat pas photo  dan info untuk pembuatan Visa China. Mereka sudah tau (Pas Photo / Full face)

4. Form Visa
Mengisi Formulir Visa, diisi dengan sebenar–benarnya:
* Nama kantor + alamat kantor + no. telpon kantor + jabatan di kantor +
tuliskan bidang usaha
* No. telpon Rumah / HP

5. Dokumen

  • Fotokopi KK (Kartu Keluarga)
  • Fotokopi KTP
  • Paspor asli (of course!)

-done-
Berikut saya tambahankan informasi dari pihak Vayatour (Kalau Anda tidak mempunyai kasus khusus, mending jangan baca karena akan tambah bingung :P):

  1. Tidak semua pemohon visa China boleh mengajukan Visa China Multiple. Syarat visa China Multiple 1 tahun sama seperti visa China yang biasa (yang berlaku 3 bulan), tetapi pax harus sudah 5-6 kali ke China dalam 1 tahun terakhir. atau : pax sudah pernah punya visa China multiple 1 tahun dengan melampirkan buktinya yaitu di paspor baru ataupun yang lama.
  2. Untuk visa China Multiple 6 bulan, pax harus sudah 4 kali ke China dalam 1 tahun terakhir atau pax sudah pernah punya visa China multiple 6 bulan dengan melampirkan buktinya.
  3. Visa MULTIPLE di paspor lama, walaupun masih valid tidak berlaku di paspor baru.
  4. Jika paspornya pernah ada cap penolakan dari kedutaan Besar Lain, maka pax yang bersangkutan tidak bisa apply visa China yang proses yang KILAT 2 – 3 hari kerja/ yang SUPER KILAT ( 1 Hari Kerja ). Sekali Pun dengan proses biasa, pihak kedutaan china tidak menjamin itu bisa selesai dengan tepat waktu 4 hari kerja, karena pihak kedutaan besar china akan mengecek ke kedutaan yang menolak pax tsb tentang apa alasannya pax tsb di tolak.

Keterangan tambahan:

  1. Untuk Paspor Asing , hanya bisa mengajukan Visa China 1 kali dan 2 kali masuk.
  2. Untuk Paspor Asing yg apply visa China : Mohon konsultasikan dulu ke AE HO karena peraturannya sering berubah-ubah.
  3. Untuk pemuka agama & wartawan ada syarat tambahan (mohon lihat pada selebaran dari Kedutaan RRC yang telah kami bagikan)

Masa Berlaku Visa China:
Visa China 1x Masuk : Berlaku 3 Bulan, ijin tinggal 30 hari
Visa China 2 x Masuk : Berlaku 6 Bulan, ijin tinggal masing-masing 30 hari untuk tiap kunjungan
Macau : Free maksimum stay 30 Hari

Silahkan klik like, share, or tweet jika info ini berguna : ) Cheers!

About these ads

72 responses

  1. hai boleh numpang tanya.. apakah untuk mengurus visa Cina kita harus datang ke kedutaan pada hari kerja? Atau bisa ketika weekend hari Sabtu gt misalnya? Thx. :)

    1. Hallo..
      Sepertinya hari sabtu bisa, coba cari info di tempat lain karena sy urusnya hari kerja dan itupun diurus oleh pihak tour & travel (vayatour). Jadi sy cuma terima beres saja.

      FYI, utk biayanya sy kena 950rb, karena minta yang express (1 hari jadi) (SPOED)..

      Semoga membantu :)

      1. Pengurusanvisa tidak lagi di kedutaan China, melainkan di gedung The East lantai II, lokasinya masi di komplek lingkar mega kuningan :)
        Hari sabtu masih melayani ko :)

        1. Thks untuk info terbarunya.
          Akan saya update di postingan : )

      2. Hari Sabtu pasti tutup.

  2. mau tanya untuk foto itu baju bebas atau ada ketentuannya?
    terima kasih sebelumya :D

    1. Haloo.. Sebaiknya pakai baju formal / berkerah, itu sudak cukup.

      Semoga membantu.. Cheers! : )

  3. Halllo ,,,yoky saya mau urus visa multiply .can u help me ? i gonna back to indo january ini…mungkin tgl 7 januari 2013… officenya dimana ya ? jakarta ?

    1. Hallo, ini maksudnya visa apa ya?
      Kalau visa China bisa apply di gedung The East lantai II, komplek lingkar mega kuningan.

  4. klo mo ke china urus visa katanya bisa disana/bandara? apa benar?? Biaya brp, syarat apa aja ya…?

    1. Sepertinya tidak bisa dilakukan di bandara pak.
      Untuk mengurus visa China silahkan pergi ke gedung The East lantai II, komplek lingkar mega kuningan.
      Untuk syarat, biaya, dll.. Sepertinya semua informasi sudah tersedia lengkap di artikel saya di atas : )

      Jika kurang jelas, silahkan kontak saya.
      Semoga membantu.

  5. Mau tanya nih apakah perlu surat sponsor dr perusahaan atau tidak ya? untuk meng apply visa china ini?

    1. Tidak.
      Hanya perlu Fotokopi KK, Fotokopi KTP, Paspor asli, Ft 4×6

      Simple.

    2. Hallo..
      KK tidak perlu
      yang penting bawa KTP Copy, Pas Poto yang terbaru, dan Passport.

      1. Iya, mungkin KK memang optional. Tapi waktu itu saya lupa karena ada isu apa, jadi memerlukan KK. Tapi tidak ada salahnya juga, kan hanya fotokopi saja ;)

        Thks sudah mampir mas Abigail. :)

  6. Apa shenzhen perlu visa atau masih bisa voa yah?

    1. Saya belum pernah mencoba voa. Sekilas saya cari info melalui internet, sepertinya untuk ke China (termasuk shenzhen tentunya) harus urus visa di kedutaan.

  7. Kalo ke Hongkong bagaimana? thx

    1. Kalau tidak salah Hongkong bebas visa selama 30 hari.

  8. Mau tanya nih,
    saya akan ke china pertengahan januari nanti dan stay disana 6 minggu, apakah bisa hanya dengan menggunakan visa single-entry ?
    thx

    1. Halo bung Naufal,
      Langkah pertama cek dulu masa berlakunya. Masa berlaku visa terdapat pada lembar visa dalam paspor.
      Seingat saya, masa berlaku visa China sampai dg 3 bulan 30 hari.
      Kalau ingin perpanjang, harus mengajukan permohonan pada kantor kedubes China di Kuningan.
      Semoga membantu.

  9. sori, mau nany nih…
    visa china saya multiple, masih berlaku sampai tgl 3 maret 2013, tapi paspor saya keburu mati duluan.. Nih kemaren barusan mengajukan paspor baru. Dalam minggu ini uda siap. tapi visa saya masih bisa dipake ngak ya? katany kalo sampai china sana sambil menunjukkan paspor lama dengan visa-ny, bisa ya? Trus yang parahnya tgl brangkat saya tgl 27 feb 2013 sampai dengan 5 maret 2013, sementara visa-ny mati tgl 6 maret 2013.. Bisa ngak itu ya?
    THANKS!

    1. Sorry baru sempat balas.

      Sebentar, saya ada sedikit kebingungan disini.. Visa-nya mati tanggal 3 maret atau 6 maret?
      Kalau 6 maret, berarti ga ada masalah kan?
      Jika benar 3 maret, sebaiknya lakukan perpanjangan visa karena lebih nyaman mengurus di Indo (segi bahasa, dll). Teman saya yg photographer juga ada yang extend visa-nya karena masih ada kerjaan motret prewed lain.

      Semoga membantu.

  10. rommel abdul qadir | Reply

    Saya mau berangkat ke China dalam waktu dekat ini dan sekarang masih persiapan pengurusan visa. Yang mau saya tanyakan apakah alamat di KTP, Passport dan KK harus sama?sekedar informasi alamat KK saya yang sekarang berubah krn sudah tinggal dengan keluarga sendiri sementara saya masih memegang KTP lama yang alamatnya sesuai dengan alamat di Passport .
    trimakasih atas bantuannya.

    1. Maaf pak baru sempat reply…
      Saya kira tidak masalah pak, yang penting alamat KTP dan Passport sama.
      Sekedar saran, bapak bisa ajukan saja visa secepatnya. Nanti, kalau pun ditolak, pasti pihak kedubes akan memberitahukan kekurangan dokumennya.
      Visa China tidak susah kok keluarnya ;)

      Semoga membantu.

      1. MAS/mbak, posisi saya Di Semarang , apa saya juga harus ke Jakarta untuk pembuatan visa ya ?

        1. Tidak harus JIKA di Semarang terdapat konsulat China. Tetapi jika tidak ada, maka Ibu bisa kirim dokumen yang diperlukan. Untuk lebih mudahnya Ibu bisa memakai jasa tour n travel (fee cuma Rp. 50.000)

  11. Saya maria 19th mau ke china, pertama2 apa yg harus saya lakukan untk dapat paspor dan visa? ini akan jd prjalanan pertama saya ke luar negeri. apa di china bahaya? saya dengar banyak pembunuhan dan penjualan organ tubuh disana :(

    1. Halo Maria,

      Pertama-tama anda harus buat paspor dulu kemudian baru buat visa. Buat paspor di kantor imigrasi setempat.

      Tidak sengeri itu lah :) survey tempat2 dulu. Hindari daerah-daerah berbahaya.

  12. Ade Novita Yulianti | Reply

    saya mau tanya.?. kl visa umumnya kyk mn syaratnya pak. soalnya saya kan nggak kerja. saya mau ikut suami. suami saya kerja di sana. thanks.

    1. Bisa bu, sertakan dokumen-dokumen di atas ditambah dengan surat sponsor dari perusahaan tempat suami anda bekerja. Cantumkan bahwa anda ikut suami karena sedang bekerja. Untuk contoh surat sponsor bisa dilihat di google bu.

      Semoga membantu

  13. Halo,mau nanya nih. Untuk pembuatan visa dibutuhkan fotokopi ktp yg masih berlaku. Di sini saya sedang mengalami kendala, ktp saya yg lama sudah habis masa berlaku nya, dan saat diajukan perpanjangan ke pihak berwenang dikatakan ktp lama tidak bisa diperpanjang lagi dan harus menunggu ektp yg baru. Sampai saat ini ektp saya itu belum juga sampai di tangan saya. Sudah di cek ke kelurahan dan di konfirmasikan belum ada.
    Jadi, yg mau saya tanyakan, apakah ada solusi lain dari keperluan dokumen pembuatan visa ya? Khususnya ktp ini.

    1. Halo Febby, sorry banget, saya belum berpengalaman untuk kasus seperti ini. Untuk memudahkan, mungkin anda bisa minta bantuan kpd pihak tour & travel langganan. Mungkin mereka bisa menemukan solusinya.

      Semoga membantu.. cheers

  14. Hallo, boleh numpang tanya. Pertama, Kalau saya ingin apply multiple entry visa, karena saya mau keluar masuk Hong Kong – Shenzhen dan Macau – Shenzhen (Teman baik saya tinggal di Shenzhen, jadi saya akan tinggal di rumahnya waktu jalan2 ke Hongkong), tetapi ini baru pertama kali saya ke China, apa bisa yah?
    Yang ke dua, apakah benar kalo saya masuk ke China lewat Shenzhen, saya harus keluar China lewat Shenzhen juga, dan tidak boleh lewat daerah lain seperti Beijing atau Shanghai? Terima Kasih.

    1. Waduh, kalau hal ini sayakurang tahu. Mungkin yang lain ada yang bisa bantu?

  15. Mau tanyaa , pembuatan visa ke china harus lampirkan print rekening koran 3 bulan terakhir dan minimal 20jt ?

    1. Tidak perlu, seingat saya kemarin tidak pakai. Tapi kalau memang ada, lampirkan saja

  16. hai mau tanya apakah di perlukan rekening koran? jika iya, berapa jumlah minimalnya?

    1. Sertakan saja kalau ada. Jumlah terserah. Bapak wiraswasta atau kerja kantoran?

  17. Halo, mau tanya. Kalau untuk stay selama sekitar 38 hari di China, applynya visa apa ya? Thanks.

  18. Maaf mengganggu, mau tanya Boss saya minggu ini berencana ke china. dan itu pastinya utk urusan bisnis, kami pun sudah terima invitation letter dari instansi yang akan dikunjungi. tapi boss saya bilang tidak perlu ada tiket, hanya isi form, paspor, pasphoto, copy ktp. apa ini benar membantu. dia tetap kekeh soalnya ga perlu ada booking hotel, tiket, serta rek koran. mohon bantuannya karna saya akan urus ini semua. GBU

    1. Halo Ria.. Anda lampirkan saja copy invitation letter dan dokumen yg ada. Jangan khawatir, visa China adalah yg paling gampang di apply.

  19. Halo, mau tanya nih. Saya mau trip ke China minggu depan, mulai dari Beijing sampai ke Chengdu selama 53 hari. Visa udah saya apply dan ternyata dapetnya double entry, sekali entry dibolehin cuma 30hari. Nah saya mau tanya apa saya perpanjang visa disana bisa? Thanks

    1. Bisa mas.
      Sorry baru reply, ada banyak kesibukan akhir-akhir ini.

  20. Dessy Silalahi | Reply

    Hallo Yoky, kalau kita urus sendiri visa china, apakah bisa saya sekalian mengurus visa teman-teman saya yang akan berangkat bareng? Kalau bisa, apakah form isiannya ditanda tangani pemilik visa itu sendiri? Thanks

    1. Hallo..

      Untuk tanda tangan harus sendiri- sendiri dong. Pakai jasa tour & travel saja, lebih mudah dan tidak ribet : )

  21. Hallo Sdr. Yoky,
    Saya mau tanya. Tanggal 25 Agustus 2013 besok saya mau ke Hongkong untuk ikut konferensi. Acaranya sekitar 1 minggu. Bagaimana ya prosedur pengurusan visa ke Hongkong? Dan berapa biaya yang diperlukan? Apakah sama dengan China? Apakah harus mengurus visa di Jakarta, atau bisa di lokasi terdekat (FYI, saya di Yogyakarta)?
    Maaf ya banyak sekali pertanyaanya. Terimakasih banyak atas informasinya :)

    1. Halo Mbak Wiwin,
      Perlu di konfirmasi lagi ini, karena setahu saya ke Hongkong tidak perlu visa loh mbak.
      Membuat visa tidak perlu ke Jakarta, bisa buat di daerahnya masing-masing.

      Apakah membantu? :)

      1. Ternyata benar, tidak perlu visa. Terimakasih :)

        1. Good then :) Sama-sama..

  22. nining ratnaningsih | Reply

    mau tanya dong mas aku kan mau ke china nya bulan December tanggal 25 visa nya harus aku buat kapan yah ?

    1. Emm.. saran saya sebaiknya disiapkan 1 bulan – 3 minggu sebelum berangkat mbak. Lebih cepat lebih baik.

  23. mau nanya dong ka, kalo pengurusan visa ke cina itu perlu persyaratan yg tabungan terakhir deposit yg sampe 100 an juta itu ngga ya? yg kaya europe ?
    thnks before….

    1. Tidak perlu. Visa China itu mudah kok :)

  24. saya mau kechina buat dateng kerumah pacar saya kurang lebih sekitar 2 bulan, saya sudah punya passpor, yang harus saya lakukan berikutnya apa? apa harus ngurus visa? trs visanya jenis apa? trs apa ada syarat minimal uang yang ada ditabungan? tolong bantuannya yaa..

  25. Saya mau berangkat ke china september ini, visa china masih berlaku sampai januari 2014. Tapi pasport mau diperpanjang,krn masa berlakunya sudah kurang dr 6 bulan. Apakah visa saya masih bisa dipakai? Apabila saya lampirkan paspor lama saya?

  26. mau tau harga nya membuat visa china berapa ya sekarang?

    1. Halo Rebecca, saya lupa, mungkin under 500rb yah

      1. Maaf mau tny.. sy stay di bali dan ada rencana k china bln november, untuk saat ini sy mau mengurus visa lwt agent dan pihak agent memberitahukan ada peraturan baru dikarenakan pergantian konsulat china di jkt seperti berikut ini:
        1.pasport asli msh berlaku min 7bln
        2.foto copy KK & KTP
        3.2 photo 4×6 background putih
        4.tiket,hotel confirmed/issued, tdk blh bookingan
        5.itenary
        6.surat keterangan kerja dlm bhs inggris
        7.invitation letter.
        8.rekening koran
        Yg ingin sy tanyakan, apakah bnr ada aturan terbaru seperti itu. Sdg kan bnyk info klo visa china itu syaratnya sm dgn artikel anda. Mohon bantuan nya. Terima kasih

  27. hi, good morning :)
    saya mau tanya tentang travel agent dimana anda membuat visa. apakah mereka juga melayani hanya untuk pembuatan visa saja???

    1. halo, kebetulan saya menggunakan jasa vayatour.
      mereka melayani apa saja yg berhubungan dg traveling. tiket, paspor, visa, paket tour, dll.

  28. Dear Yoky,

    Klo saya berangkat tanggal 16 dan visa baru jadi tanggal 15, tidak ada masalah kan..??

    Thanks,

    1. Sipp.. tidak jadi masalah mbak. Kan yang penting visa udah jadi.hehe.

      Saya juga waktu itu visa baru jadi sekitar 2 hari sebelum keberangkatan.

  29. Bang kl sy Mau buat visa ke China cm pK paspor sm invitation letter bs g yah? Trs nant dI airport d suruh show money pa ga?

  30. Coba lengkapi syarat2 selengkap lengkapnya.
    Di airport tidak show money kok, tp ada aturan maks uang yg dibawa Rp. 100 juta

    1. G perlu jg bw uang 100jt pak 😊

  31. sekarang kok ga bisa yah yg 1 hari jadi…. hikss

  32. visa cina bsa di dptkan di saat anda hendak mau memasuki daerah cina (hari H anda ingin berkunjung ke cina tinggal tergantung berapa lama anda ingin berkunjung and dalam rangka apa anda ingin berkunjung ,layaknya saya yg berdomisili di taipa,ihlas macau..jika saya ingin ke cina zuhai dan shenzen sangat mudah,hanya dengan uang 30 MOP (IDR 45.000) saya bisa berkunjung dengan selama 3 hari dengan 2 org teman laennya. tapi karena sering mengunjungi daerah zuhai akhirx saya memutuskan ambil visa yg untuk 6 bulan dengan harga 500 MOP, tidak sama dengan teman” yg berada di Hongkong, mereka harus membuat visa kunjungan jauh” hari sebelum berkunjung… menurut saya negara tirai bambu tidaklah pelit dalam urusan mengurus visa cina di daerahnya..karena semakin banyak kunjungan ke negara tersrbut..membuat mereka juga maju..hanya saha semua tergantung antara pemilik” negara yg menjalin kerja sama dlm hal ini..maaf komennya kepanjangan… Hanyasekedarinformasi . com .hehehe..

  33. Kalo buat mahasiswa gimana cara ngurus visa ke cinanya ya? mohon infonya ka :)

  34. Pak bisa bantu buatkan guardian parent di zhejiang,cina?

  35. Pak kl g d kk sm ktp bs g ya?

  36. Mau nanya ni..saya mau ke hongkong menjenguk ibu.,td saya ke gedung the east lantai II.,saya lihat info katanya harus punya tiket pulang-pergi dg tabungan atas nama sendiri…kog susah bener mau buat visa…
    Makasih
    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 26 other followers

%d bloggers like this: